CARA INSTAL MODEM SMARTFREN DI LINUX UBUNTU

breh, gue make modem yang tipenya AC782 breh terus gue juga make ubuntu versi 10.10 maveric breh. Di sini gue mau nulis bagaimana isntall modem smartfren breh dengan tools wvdial. Kalo yang belum punya wvdial silahkan download gih breh. Caranya buka terminal ajah breh terus ketik deh sudo apt-get install wvdial breh. Kalo dimintain password ya isi passwordnya breh, tunggu sampe installasi nya kelar breh. Kalo instalasi selesai elu kudu konfigurasi wvdial elu breh biar bisa ngonekin smartfren breh, caranya bisa liat langkah-langkah instalasi konfigurasi di bawah breh. Nah berhubung gue udah punya tools wvdialnya di komputer gue breh jadi gue nginstallnya secara offline breh. 

Gue nyimpen tools wvdial nya di home breh di dalem folder wvdial breh. Isinya tuh folder yang paket-paket instalasi wvdial breh yang extensi filenya ntu .deb. Gue saranin sih breh mending naro wvdialnya di home dulu ajeh breh ntar kalo udeh selesai instal baru deh lu taro dimana kek terserah elu breh.


 
nah kalo udah tau tempat dimana si folder wvdial yang bakal di install (dalam hal ini gue make home buat naro si folder wvdial nya breh). Buka terminal breh.. teken tombol ctrl+alt+t breh cara buka terminalnya breh. Oke breh ketik sudo su terus kalo dimintain password isi ya breh password elu. Abis itu otomatis elu udah login ke root di home breh.


Oke breh lanjut yah breh. Abis itu elu ketik breh di terminal sudo dpkg -i wvdial/*.deb breh. Kayak gini nih contohnya breh :

   
nah abis itu teken enter breh, otomatis ntar keinstall breh. Kalo udah selesai breh .. jangan lupa colokin modem breh. Kalo udah nyolok modem .. pada terminal yang sama bekas install wvdialnya breh elu ketik nih breh lsusb abis itu teken enter breh. Lsusb disini gunanya buat ngeliat nomor vendor sama product si modem nya breh .. contohnya nih breh :

nah udah keliatan kan breh, kalo modem punya gue itu ada pada tulisan Bus 002 Device 005: ID 19d2:ffdd ONDA Communication S.p.A. Breh. Sampe sini breh kita udah dapet nomer versi vendor nya breh yaitu 19d2 dan nomor produknya ffdd breh. Oke breh langsung ajah breh. Setelah kita tau vendor sama productnya breh oke saatnya kita beraksi breh. Ketik sudo wvdialconf breh di terminal dan teken enter breh.

 
nah kalo udeh sampe sini, elu liat breh ada bacaan Editing `/etc/wvdial.conf' ntu berarti kita suruh edit file wvdial.conf nya breh ... oke lanjut breh .. buat ngedit tuh file elu cuma tinggal ketik sudo nano /etc/wvdial.conf abis itu teken enter breh. Oke ntar keluar deh tuh breh bacaan nya. Nah biar kaga repot elu samain nih breh settingan punya gue di file nya breh :


nah kalo udah silahkan breh di simpen, cara nyimpennya tinggal ctrl+x breh abis itu teken Y dan abis ntu teken enter breh ... sampe tahap ini udah siap nih breh nyalain modem biar bisa koneksi ke internet breh. Oke breh pada terminal yang sama sekarang lo Ketik eject /dev/sr1 breh abis itu ketik lagi breh modprobe usbserial vendor=0x19d2 product=0xffdd breh .. beriku elu bisa liat contohnya breh :

 
oke modem siap nih breh. Kalo mau nyalain modem nya breh silahkan ketik wvdial smart breh di terminal yang sama pula. Dan hasilnya akan terlihat seperti ini breh...
 
bacaan aneh yang ada di gambar di atas menandakan modem kita udah bisa digunain breh buat inet-inetan alias internetan breh, nih breh buktinya gue bisa inet heheheheh

 
nah kalo misanya pengen disconnect nya itu elu tinggal neken ctrl+c breh. Selesai sudah breh instalasi modem di ubuntu breh. Selamat yah breh :) gue juga ikut senang nih breh :)

You Might Also Like

0 komentar